TIGA MASALAH SATU SOLUSI, Ceramah KH. Zuber Muntashor di Ponpes Darul Khoirot Pontianak

KH Zuber Muntashor

KH Zuber Muntashor

Pertama KH Zuber Muntashor berpesan kepada seluruh jamaah nan para santri yang hadir pada acara silaturrohim itu untuk tetap meningkatkan taqwa kepada Allah serta taat pada Rasul nya serta tidak lupa untuk senantiasa mencari ilmu agama karena dengan ilmu agama dapat membentengi keimanan serta dapat menjaga dirinya sendiri dari fitnah-fitnah yang saat ini Indonesia banyak dilanda ujian.

Beranjak ke topic lain, kyai yang telah berumur 65 tahun ini juga berpesan kepada semua jamaah agar selalu beristighfar agar segala urusan dimudahkan oleh Allah SWT. Agar pesan tausiyahnya terkesan Tarjih, KH Zuber Muntashor  menceritakan sebuah cerita, dimana cerita tersebut bersumber dari Syeikhona Muhammad Kholil Bagkalan Madura [hafidhohullah].

Pada suatu hari ada tiga orang yang ingin soan/konsultasi kepada  Syeikhona Kholil [hafidhohullah] dengan masalah yang berbeda.  Orang pertama berkonsultasi karena di kampungnya dilanda kemarau yang panjang, orang yang kedua berkonsultasi karena Allah belum memberikan keturunan. Dan orang yang ketiga berkonsultasi karena ingin kaya. Akhirnya  Syeikhona Kholil [hafidhohullah] menyarankan kepada tiga orang tersebut untuk senantiasa dan memperbanyak membaca “Istighfar”.

Ternyata setelah mereka, bertiga tersebut keluar dari rumah Syeikhona Kholil [hafidhohullah] ada satu orang lagi yang sedang menunggu [ngantri masuk] yang juga ingin soan/berkonsultasi,  karena merasa penasaran dengan tiga orang tersebut akhirnya dia bertanya kepada mereka. Merekapun mencerikan masalah masing-masing dan akhirnyapun dapati  3 masalah dengan 1 jawaban.

Orang terakhir ini masih merasa penasaran. Akhirnya pamit untuk masuk ke dalam rumah Syeikhona Kholil [hafidhohullah] dan bertanya.

“Maaf kyai mau bertanya masalah ketiga orang yang tadi, ko’ ketiga orang tadi sama-sama memilki masalah yang  berbeda-beda namun Kyai jawab dengan satu jawaban yaitu memperbanyak “Istighfar”. Akhirnyapun Syeikhona Kholil membacakan ayat al-Qur’an dan menjelaskan kepadanya.

Adapun ayat tersebut sebagai berikut.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai- sungai”. [QS 71 : 10-12]

Dengan ayat ini maka terjawablah  semua pertanyaan-pertanyaannya.

KH Zuber Muntashor, juga menguatkan kepada semua jamaah agar senantiasa mendawamkan bacaan “Istighfar”  agar semua hajat Allah permudahkan…

itulah ringkasan singkat dari ceramah KH Zuber Muntashor  di ponpes DeKa Pontianak.

selamat mencoba!!!

semoga bermanfaat…amin.

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *